5 Feb 2012

Pengaruh Facebook Di Kalangan Mahasiswa


SAAT ini Facebook menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan kampus. Situs jejaring sosial ini membantu kita mengatur cara berkomunikasi, membangun dan menjaga relasi, berbagi informasi, bahkan belajar. 

Pengguna Facebook kini telah mencapai 800 juta orang di seluruh dunia, termasuk para pelajar dan mahasiswa. Kelompok ini sendiri menghabiskan 100 menit tiap harinya untuk mengecek profil dan kabar terbaru dari teman-teman mereka. Fakta tersebut menunjukkan besarnya pengaruh Facebook terhadap populasi anak muda.

Online PhD, seperti dilansir College Cures, menampilkan sebuah ilustrasi grafik yang merangkum bagaimana tren Facebook berkembang di kalangan pelajar dan mahasiswa, serta bagaimana mereka menggunakan jejaring sosial online tersebut. 
 
Timeline


Ketika diluncurkan pada 2004 lalu, Facebook digunakan oleh mahasiswa di empat kampus Amerika Serikat (AS) dengan satu juta pengguna (user). Pada 2005, 86 persen mahasiswa di empat kampus itu memiliki akun Facebook, total ada 5,5 juta user. 

Tahun berikutnya, 2006, Facebook terbuka bagi siapa saja dan menggaet 12 juta user. Kemudian pada 2007, user Facebook mencapai 50 juta orang, 92 persen di antaranya mengakses Facebook sehari-hari. 

Empat tahun setelah diluncurkan, tepatnya pada 2008, 99 persen pelajar di seluruh dunia memiliki akun Facebook, dan 94 persen dari populasi itu menggunakan Facebook setiap pekan. Pada titik ini, Facebook telah memiliki 100 juta user. Jumlah ini membengkak menjadi 350 user hanya dalam waktu setahun kemudian.

Angka 500 juta user dicapai Facebook pada 2010. Tahun ini pula, frekuensi kelompok pelajar dan mahasiswa mengakses Facebook ada pada level yang sama. 

Sedangkan tahun lalu, tercatat ada 800 juta orang menjadi user Facebook. Sekira 100 menit per hari dihabiskan mahasiswa dan pelajar untuk mengakses Facebook atau setara dengan enam kali kunjungan ke situs tersebut.   

Bahkan pendidik pun ada di Facebook 


Facebook merupakan media jejaring sosial online yang paling banyak digunakan para civitas academica, yakni sekira 80 persen. Media kedua adalah YouTube, dan di posisi ketiga ada Twitter. 

Sekira 82 persen kampus di AS menggunakan Facebook untuk berkomunikasi dengan calon mahasiswa prospektif. 

Selain itu, para mahasiswa berhubungan dengan dosennya melalui Facebook. Faktanya, 40 persen kampus memiliki mahasiswa sebagai teman Facebooknya. Sedangkan 60 persen mahasiswa berteman dengan Facebook kampusnya. 

Kategori mahasiswa user Facebook 


Mahasiswa yang tidak terlalu 'terikat' dengan Facebook akan memanfaatkan situs ini untuk bermain, memposting foto, dan mengecek profil teman. Mereka yang lebih 'terikat' biasanya menggunakan Facebook untuk membuat dan membooking agenda kegiatan, mengomentari postingan teman-teman, serta melihat foto-foto. 

User yang sering chatting di Facebook kurang menyiapkan diri untuk masuk kelas kuliah. Akibatnya, 20 persen mahasiswa yang menggunakan Facebook ketika kuliah mendapatkan nilai lebih rendah.   

Pengguna berat Facebook lebih banyak menghabiskan waktu di kampus. Di AS, para mahasiswa cenderung meneruskan kuliah di tahun kedua ketimbang drop out setelah tahun pertama sebagai imbas penggunaan Facebook. Para mahasiswa ini mendapatkan 27 teman baru, dan memposting lebih dari 59 wall post baru.

0 komentar:

Posting Komentar

My blog is dofollow...

pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu memberi apresiasi dengan meninggalkan pesan komentar...

facebook comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More